Bagikan :

[Oleh: Nizar Tegar]

Sambil menantikan kehadiran novel Origin yang direncanakan terbit pada November 2017 mendatang. Rasanya kurang seru apabila kita tidak mengenal lebih jauh sosok dibalik seri thriller petualangan profesor Langdon. Berikut beberapa fakta unik, yang wajib kamu ketahui dari sang penulis, Dan Brown.

  1. Tidak Pernah Ada Kata Libur Untuk Dan Brown.

Meskipun Dan Brown adalah seorang yang kaya raya dengan penghasilan mencapai jutaan dolar dari penjualannya bukunya, namun dia tidak pernah mengambil hari libur. Bahkan saat momen-momen spesial seperti Natal sekali pun, Dan Brown selalu menyibukkan diri dengan rutinitas kerjanya sebagai seorang penulis.

2. Membenci Novel!

Sebuah fakta yang kontradiktif bukan? Ya, terkenal sebagai seorang novelis, namun fakta sebenarnya Dan Brown tidak suka membaca fiksi, dan sulit untuk menyukai sebuah novel.

3. Memiliki Rumah Yang Dibangun Layaknya Sebuah Puzzle.

Dan Brown memiliki sebuah rumah mewah bernilai 10 juta USD, di New Hampshire, sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Rumah tersebut memiliki berbagai pintu rahasia serta ruang tersembunyi. Ruang kerja, tempat Dan Brown menulis karya-karyanya, terletak persis di balik sebuah lukisan. Akses menuju kantornya berada pada sebuah tombol rahasia yang terdapat pada lukisan. Bila ditekan maka pintu rahasia akan terbuka, dan menunjukkan jalan masuk menuju kantor Dan Brown.

4. Dan Brown dan Karya Musiknya.

Sebelum menjadi novelis ternama seperti saat ini. Dan Brown ternyata pernah menjajaki dunia musik dengan membuat beberapa album, termasuk pada tahun 1993, ia merilis album bertema religius yang ia namai Angels and Demons. Nama album tersebut kemudian menjadi salah satu judul novelnya, seperti yang kita ketahui saat ini.

5. Cameo Dalam Film Hollywood.

Film adaptasi novelnya yang diperankan Tom Hanks, tentu sudah tidak asing di telinga para fan Dan Brown. Namun tahukah kamu kalau Dan Brown pernah menjadi cameo di film Be Cool (2005), yang dibintangi Uma Thurman dan John Travolta? Dalam film tersebut, Dan Brown tidak sendiri, ia ditemani istrinya Blythe Newlon. Keduanya dapat terlihat dalam sebuah adegan konser band Aerosmith, di mana Dan Brown serta istrinya menjadi penonton yang berada di baris terdepan.

Baca Juga, Sinopsis Novel Terbaru Dan Brown, Origin

6.  Salah Satu Penulis Paling Populer Di Seluruh Dunia.

The Da Vinci Code merupakan novel Dan Brown yang paling sukses. Karyanya tersebut telah terjual lebih dari 81 juta eksemplar di seluruh dunia. Total penjualan novel-novelnya mencapai lebih dari 200 juta eksemplar. Novelnya juga telah diterjemahkan kedalam 54 bahasa.

7. Salah Satu Penulis Terkaya di Dunia.

Dari keuntungan novel saja, pada tahun 2005 Dan Brown tercatat memiliki nilai kekayaan sebesar 76,5 juta dolar Amerika. Di tahun yang sama Dan Brown masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Total kekayaannya saat ini diberitakan mencapai lebih dari 120 juta USD.

8. Rating Buruk Dari Kritikus Buku.

Meskipun karya-karyanya secara komersil terbilang sukses. Namun dikalangan kritikus buku, beberapa karya Dan Brown memiliki rating yang tidak baik. Seorang penulis kenamaan Salman Rushdie menilai The Da Vinci Code sangat buruk. Ia menyatakan The Da Vinci Code “a book so bad that it makes bad books look good”. “ The Da Vinci Code buku yang sangat jelek, bahkan membuat buku jelek sekali pun terlihat bagus”.

9. Novel Best Seller Dalam Minggu Yang Sama.

Pada tahun 2004, di minggu yang sama, empat judul novel Dan Brown terpampang di daftar jajaran buku terlaris versi New York Times.

10. Push Up Satu Jam Sekali.

Disela break, saat rutinitas menulis, Dan Brown selalu menyempatkan untuk push-up. Dia menggunakan jam pasir antik yang terpasang di meja kerjanya, sebagai penanda waktu. Dalam satu jam sekali Dan Brown beristirahat dari menulis dan berolahraga push-up, sit-up, serta melakukan peregangan otot.

5,709 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *