Pernah penasaran dengan apa yang dilakukan para penulis di waktu luang mereka? Beberapa dari mereka ternyata mengisi waktu luangnya dengan menulis, loh! Tapi, bukan menulis buku yang sedang digarapnya. Tidak sedikit seorang penulis buku yang juga menjadi seorang columnist  di media cetak maupun online. Banyak penulis yang aktif menulis di website atau Blog pribadinya. Biasanya di sana mereka akan lebih bebas dan terbuka mengenai proses menulis, pengalaman pribadi, bahkan ide-ide yang sedang berlarian di kepalanya.

Kita sudah merangkum blog penulis yang bisa dibaca sebagai referensi saat butuh inspirasi. Di antaranya adalah:

  1. Meg Cabot

Nama Meg Cabot sudah tidak asing di kalangan pembaca novel, terutama pembaca teenlit. Salah satu novel legendarisnya yaitu Princess Diaries (2000) yang sukses diangkat ke layar lebar setahun setelah rilis. Dalam Blog pribadinya, dia berbagi banyak hal. Mulai dari jadwal acaranya, pengalaman dan hasil pemikirannya, sampai hal-hal favoritnya. Menarik, kan?

 

  1. Neil Gaiman

Neil Gaiman adalah penulis berkebangsaan Inggris yang banyak menulis novel bertema fantasi. Dia menulis dalam berbagai bentuk karya seperti komik, nocel, cerita pendek, sampai membuat film pendek. Dalam website pribadinya itu dia membagikan jurnal kesehariannya bahkan terdapat tautan ke aplikasi Tumblr pribadinya. Cukup untuk bisa mengenal dan menyelami apa yang ada di pikirannya ya…

 

  1. John Green

Sudah baca The Fault in Our Stars? John Green adalah salah satu penutur kisah yang bisa membawa pembacanya terhanyut ke dalam kisah yang menyentuh dan mengharukan. beberapa karyanya seperti Paper Towns dan The Fault in Our Stars sudah diadaptasi menjadi film yang juga meraih kesuksesan besar. Di blognya Green bahkan sering memberi bocoran-bocoran karya terbarunya, contohnya Turtles All the Way Down. Bahkan dia membacakan bab pertama buku Turtles All the Way Down di blognya.

 

  1. Eka Kurniawan

Eka Kurniawan adalah penulis Indonesia yang sudah diakui dunia literasi Internasional. Bukunya yang berjudul Cantik Itu Luka telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa. Eka sering berbagi inspirasi, pemikiran, dan refleksi dari kesehariannya di blog pribadinya tersebut. Salah satu blog yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencari inspirasi.

 

  1. Dewi “Dee” Lestari

Penggiat, pemerhati, dan penikmat sastra pastinya tau siapa Dewi Lestari yang akrab disapa Dee. Pada awal karirnya, Dee merupakan seorang penyanyi yang tergabung dalam grup vokal RSD (Rida, Sita, Dewi). Debutnya di dunia literasi ditandai dengan lahirnya buku pertama dari seri Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh. Novel pertamanya ini diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga dua buku kelanjutan seri Supernova juga dirilis di tahun yang sama. Selain menulis serba-serbi tentang buku yang ditulisnya, Dee juga menulis #SerialSurel di blognya. #SerialSurel ini isinya adalah jawaban dari para pembaca yang mengirim pertanyaan untuk Dee. Hal yang ditanyakan kebanyakan seputar proses menulis karya. Wajib banget baca blog Mbak Dee ini, deh..

  1. Marie Lu

Penulis yang berbasis di Amerika ini biasa menulis aliran young adults dengan tema Dystopian dan fantasi. Dia dikenal dengan trilogi buku Legend dan The Young Elite , serta dwilogi Warcross. Dia sering berbagi fanart karakteryang dibuat pembacanya di Tumblr-nya itu. Buku terbarunya Batman: Nightwalker akan segera terbit dalam bahasa Indonesia, loh!

 

  1. Lauren Oliver

Penulis Keren Lauren Oliver

Lauren Oliver yang memiliki nama asli Laura Suzanne Schechter ini telah menelurkan karya sebanyak kurang lebih 16 buku. Beberapa di antaranya yang telah terbit di Indonesia adalah trilogi Delirium (fantasi distopia untuk young adult), Liesl and Po (fantasi remaja), dan Vanishing Girls (thriller psikologis untuk young adult). Lauren juga berkolaborasi dengan H.C. Chester untuk menulis serial Curiosity House, yang versi Bahasa Indonesianya telah terbit dua judul: The Shrunken Head dan  The Screaming Statue. Seperti kebanyakan pengguna Tumblr, dia sering membagikan foto-foto kegiatannya ke media sosial tersebut. Dia juga sering menjawab pertanyaan dari para fans di Tumblrnya itu.

 

Demikian 7 blog penulis yang bisa kamu baca di sela-sela waktu luangmu. Semakin bnayak membaca hasil pemikiran orang lain, pastinya akan menstimulasi otak kita untuk berpikir lebih kreatif lagi, kan? Kamu bisa langsung kunjungi blog penulis yang ingin kamu kunjungi dengan klik tautan di nama penulisnya, kok! Selamat membaca…

 

[Oleh : Rini]

5,118 kali dilihat, 173 kali dilihat hari ini

Bagikan :