Indra Perasa | Feature

Teman-teman pasti tahu bahwa lidah kita punya tempat masing-masing untuk merasakan rasa dari makanan yang masuk ke mulut kita, kan? Seperi bagian pangkal lidah yang merasakan rasa pahit, bagian ujung lidah yang merasakan rasa manis, bagian samping dalam yang merasakan rasa asam, dan bagian samping luar yang merasakan rasa asin. Lalu, di mana bagian lidah yang merasakan rasa pedas, ya?


Bagian Lidah | Image

Sebenarnya, rasa pedas bukanlah rasa yang dapat dirasakan oleh lidah, karena pedas merupakan sensasi yang disebabkan oleh zat kimia yang disebut capsaicin, zat yang biasanya terkandung pada tumbuhan seperti cabai. Jika kalian melihat  dari dekat lidah kalian di cermin, kalian pasti dapat melihat bintik-bintik kecil yang berwarna kemerahan. Bintik-bintik itu disebut papila.


Pedas | Image

Lalu, mengapa rasa pedas seringkali terasa seperti lidah yang terbakar? Begini, saat zat capsaicin tersebut menyentuh papila, reseptor saraf sensorik yang mendeteksi panas tinggi akan menyampaikan informasi ke otak kita bahwa lidah kita menerima panas dari zat capsaicin. Sehingga lidah kamu akan merasa kepanasan atau yang sering dianggap sebagai rasa pedas.

Nah, sekarang tahu, kan, bagaimana kerja lidah saat merasakan rasa pedas?

(Penyunting: Dini Ocktarina)

Bagikan :
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *