Belanda | Feature

Bersepeda telah menjadi budaya untuk warga di Belanda. Mulai dari anak-anak, remaja, dan orang tua, semua sangat menggemari sepeda. Bahkan, jumlah sepeda di Belanda melebihi jumlah penduduk di negara itu sendiri, yaitu terdapat 18 juta unit sepeda, sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 16,4 juta orang.

Belanda adalah negara yang terhitung kecil dibandingkan negara tetangganya, seperti Jerman dan Perancis, sehingga banyak orang memilih transportasi sepeda karena dianggap sebagai cara yang paling praktis, mandiri, dan menyehatkan. Kondisi geografis Belanda yang tidak memiliki banyak pegunungan juga menjadikan jalanan di Belanda datar, sehingga bersepeda di sana tidak akan terasa melelahkan. Ditambah lagi pemandangan yang indah, bersepeda bukan sekadar bertransportasi.

Foto: amsterdamize.tumblr.com
Foto: amsterdamize.tumblr.com

Selain kesadaran diri warga Belanda, kegiatan bersepeda ini juga didukung oleh pemerintah yang membangun jalan khusus pesepeda sejauh 400 km serta mengembangkan rute sepeda tematik sejauh 20-50 km, sehingga pesepeda akan merasa nyaman dan aman saat mengendarai sepeda. Pengendara kendaraan lain pun sangat menghargai pejalan kaki dan pesepeda. Pokoknya, bagaikan raja kalau Sahabat bersepeda di Belanda.

Foto: googleearthcommunity.proboards.com
Foto: googleearthcommunity.proboards.com

Komitmen pemerintah juga tidak sampai di situ saja, tahun 2011 sebuah jembatan layang khusus pesepeda telah selesai dibangun. Jalan layang melingkar khusus untuk pesepeda ini diberi nama Honvering. Honvering merupakan jalan lingkar pertama di dunia yang dikhususkan untuk pesepeda. Jalan khusus sepeda ini memiliki ketinggian 70 meter dan memiliki seribu ton dek besi jembatan, serta 24 kabel besi. Hovenring juga dilengkapi dengan lampu-lampu supercanggih! Pada malam hari, jalanan ini akan menyala dengan terang. Selain menyinari jalan layang itu sendiri, perempatan di bawah jalan ini juga ikut diterangi oleh lampu LED yang ada di Hovenring.

Fotot: Pixabay
Fotot: Pixabay

Di mata dunia, Belanda telah menjadi negara paling ramah terhadap pesepeda. Kota Utrecht di Belanda dinobatkan sebagai pemilik lahan parkir sepeda terbanyak di dunia dengan jumlah lebih dari 12.500 lahan parkir sepeda. Kecintaan semua pihak terhadap sepeda juga telah mendorong para inovator untuk menciptakan sepeda masa depan. Sebutlah VanMoof 10 Electrified, sepeda yang dilengkapi peralatan canggih seperti sensor khusus yang bisa memonitor perilaku pesepeda di jalan dan sistem pelacak GPS demi kemanan serta memudahkan pemiliknya menemukan sepeda saat diparkir di suatu tempat. keistimewaan VanMoof ini adalah kemampuannya menyimpan energi listrik yang didapat saat kita mengayuh sepeda. Energi listrik ini nantinya bisa kita pakai saat lelah mengayuh sepeda karena sepeda ini bisa beralih mode menjadi sepeda elektrik yang dapat melaju tanpa harus dikayuh.

 

vanmoof.com
Foto: vanmoof.com

Masih ada lagi keistimewaan Negeri Kincir Angin ini. Sahabat tahu pelukis terkenal Van Gogh yang berasal dari negeri Belanda? Terinspirasi dari karya Van Gogh yang berjudul Starry Night, dibuatlah lintasan sepeda yang diberi nama Rooseegarde Cycle Lane. Jalur sepeda ini tersusun dari ribuan batu berwarna hijau dan biru yang diletakkan di dalam beton khusus. Pada malam hari, bebatuan itu bisa berpendar dan memancarkan cahaya bagi pengendara sepeda yang melintas. Sistem pencahayaannya mengandalkan energi dari matahari, meskipun masih menggunakan energi listrik untuk dapat bersinar sepanjang malam.

Foto: cnn.com
Foto: cnn.com

Kalau sudah begini, siapa yang tidak mau bersepeda meskipun jaraknya jauh. Sahabat KKPK bisa juga menerapkan kebiasan sehat dan ramah lingkungan ini. Kalau jarak antara rumah dan sekolah Sahabat dekat, Sahabat bisa memulai bersepeda mulai sekarang.

(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *