Fakta Bunga Mawar | Feature

Indah dan banyak manfaatnya, bunga mawar ini masih menjadi bunga favorit banyak orang di dunia. Bahkan, Inggris menetapkan bunga mawar sebagai bunga nasional Inggris. Di Indonesia sendiri bunga ini sering digunakan dalam berbagai macam acara, dari acara pernikahan sampai acara pemakaman. Selain menjadi hiasan cantik, bunga ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan sejak ratusan tahun yang lalu. Kakak akan merangkum beberapa fakta menarik seputar bunga mawar. Simak di sini!


 

Rosa Sericea | Image

1 . Bunga mawar memiliki lebih dari 150 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Bunga mawar memiliki keragaman ukuran, bentuk dan warna yang sangat banyak. Hampir semua bunga mawar memiliki 5 kelopak yang berlapis, tetapi ada satu spesies yang hanya memiliki empat kelopak. Spesies ini dinamai “Rosa Sericea” yang tumbuh di daerah Himalaya.


 

girl in a flower crown | Image

2 . Dalam bahasa Inggris, bunga mawar lebih dikenal dengan sebutan Rose. Nama ini awalnya berasal dari bahasa latin Rosa yang juga bisa diartikan sebagai “kasih sayang”. Itulah sebabnya bunga ini sering dijadikan hadiah atau sebagai pengiring ucapan rasa sayang atau kebahagiaan.


Foto dari: niedersachsen-tourism.com
Foto dari: niedersachsen-tourism.com

3 . Tanaman mawar dapat berumur sangat panjang. Tanaman mawar yang menutupi tembok gereja di Jerman telah ada dan hidup selama 1000 tahun! Hal ini disebabkan tanaman mawar tidak terlalu susah untuk dirawat, cara menanamnya pun tidak sulit. Cukup dengan metode stek, tanaman ini akan tumbuh.


parfum mawar | Image

4 . Beberapa spesies mawar juga memiliki wangi yang sangat khas, sehingga sering digunakan sebagai wewangian seperti parfum atau pewangi ruangan, sabun, deterjen, dan lain-lain. Dan karena kecantikannya, bunga ini sering dipakai sebagai nama anak perempuan yaitu Rose atau pun Mawar


Terowongan bunga | Image

5 . Jika dibiarkan tumbuh liar, tanaman mawar bisa tumbuh sangat besar dan merambat menempel pada tembok atau pagar disekitarnya. Bahkan di beberapa tempat, tanaman mawar yang tumbuh menjadi semak sering dijadikan pagar. Batang mawar yang berduri itu menjadi keuntungan juga, supaya tidak ada maling yang bisa melewati pagar tanaman itu.


Mawar warna-warni | Image

6 . Meskipun bunga mawar memiliki banyak warna, yang disebut sebagai mawar hitam sebenarnya tidak benar-benar hitam.  Melainkan berwarna merah yang sangat pekat sehingga terlihat gelap. Setiap warna pada bunga mawar memiliki arti yang berbeda-beda, misalkan mawar berwarna merah untuk menunjukan kasih sayang, mawar putih untuk menunjukan ketulusan, atau mawar kuning untuk menunjukan kebahagiaan.


Foto dari: warwick-castle.com
Foto dari: warwick-castle.com

7 . Bunga mawar menjadi bunga nasional negara Inggris, karena pada tahun 1455 sampai 1485 bunga mawar menjadi lambang dari kedua kubu dalam perang yang disebut War of the Roses yaitu, mawar merah sebagai lambang kubu Lancaster dan mawar putih sebagai lambang kubu Yorkshire.


Foto dari: appleyardflowers.com
Foto dari: appleyardflowers.com

8 . Bunga Mawar sesungguhnya bisa dimakan. Kelopak bunga mawar bisa diolah menjadi selai, atau jeli. Selain mengolah langsung kelopaknya, air sari bunga mawar juga sering dijadikan campuran untuk membuat marshmallows atau es krim beraroma mawar.


thornbury-castle | Image

9 . Di Amerika, bunga mawar juga menjadi lambang empat negara bagian Amerika yaitu New York, Iowa, Dakota Utara, dan Georgia.


spesies bunga mawar | Image

10 . Dalam dunia kecantikan, bunga mawar dipercaya memiliki khasiat yang dapat membuat awet muda. Karena kayak akan kandungan vitamin C bunga mawar juga dapat mencerahkan kulit. Ekstrak bunga mawar banyak dijual oleh produsen kosmetik. Selain itu, wangi yang menenangkan dari bunga mawar juga sering menjadi aroma terapi untuk relaksasi.

Pantas saja bunga mawar sangat terkenal untuk dijadikan rangakain bunga. Karena bunga ini cocok untuk berbagai acara. Selain wangi, bunga ini memiliki banyak warna. Kalau Sahabat suka bunga mawar warna apa, nih? Kak admin suka yang berwarna pink, dong! Hihihi …

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *