Gambar dari: linguisticsociety.org
Gambar dari: linguisticsociety.org

Di era globalisasi ini, menguasai bahasa asing akan sangat diperlukan. Karena persaingan internasional semakin ketat. Menguasai bahasa asing menjadi kewajiban jika Sahabat berniat untuk bersekolah di luar negeri. Nanti setelah selesai sekolah pun, Bahasa asing akan semakin diperlukan di dunia kerja.

Apalagi setelah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimulai. Saat nanti Sahabat mencari kerja, Sahabat akan bersaing dengan para pencari kerja dari negara-negara lain. Meskipun Sahabat tetap memilih untuk bekerja di dalam negeri, tidak dipungkiri bahasa asing akan tetap dibutuhkan. Karena banyaknya perusahaan asing yang membuka bisnisnya di negara kita. Bukan berarti Bahasa Indonesia akan dilupakan, tetapi menguasai bahasa asing akan menjadi nilai tambah dan memudahkan kamu untuk dapat pekerjaan yang bagus.

Ada beberapa keuntungan jika Sahabat belajar bahasa asing sejak dini. Karena menurut penelitian, semakin muda umur seseorang saat mempelajari bahasa asing, mereka akan semakin cepat menguasainya jika dibandingkan dengan yang lebih tua. Meskipun dikatakan usia optimal saat mempelajari bahasa asing berhenti sampai umur 12 tahun, anak-anak yang berumur diatas 12 tahun tetap memiliki kemampuan untuk cepat menyerap bahasa asing dibandingkan dengan orang tua.

Kendati begitu, tidak semua bahasa asing akan bermanfaat untuk dipelajari. Tergantung pada apa yang Sahabat rencanakan ke depannya. Tetapi, ada beberapa bahasa asing yang bisa dibilang sedang naik daun karena mulai banyak dibutuhkan di masa depan. Bahasa-bahasa ini bisa menjadi pilihan untuk Sahabat yang berminat mempelajari bahasa asing lebih banyak. Ini dia bahasa-bahasa yang dimaksud.


1 . Bahasa Inggris

Gambar dari: ausacademy.edu.au
Gambar dari: ausacademy.edu.au

Bahasa Inggris sudah pasti akan banyak bermanfaat untuk dikuasai. Sebagai bahasa yang menjadi bahasa pengantar Internasional, bahasa Inggris bisa menolong Sahabat dimanapun berada, karena bahasa ini dipelajari hampir di setiap negara. Sekarang saja perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia selalu meminta skor TOEFL atau IELTS sebagai persyaratan saat proses rekrutmen. Selain untuk bekerja, bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan jika Sahabat berniat untuk mendaftar beasiswa bersekolah di luar negeri. Menguasai bahasa Inggris, seperti wajib hukumnya! Karena akan berguna di masa depan.


2 . Bahasa Korea

welcomenhatrang.com
welcomenhatrang.com

Kerjasama antara Indonesia РKorea semakin erat. Apalagi beberapa waktu lalu presiden kita berkunjung ke Korea Selatan untuk membicarakan kerjasama di beberapa bidang industri. Beberapa diantaranya adalah industri baja, kemaritiman, dan industri kreatif. Selain akan berguna saat Sahabat mencari kerja, Sahabat juga ingin bisa langsung mengerti saat menonton drama Korea, kan? Jika Sahabat berminat untuk mendalami bahasa Korea, sekarang sudah  banyak lembaga kursus yang membuka kelas bahasa Korea. Jika Sahabat berminat untuk melanjutkan sampai ke perguruan tinggi, beberapa perguruan tinggi negeri juga telah membuka Departemen Bahasa Korea. Diantaranya ada di Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, dan Universitas Gajah Mada.


3 . Bahasa Jepang

Gambar dari: jpninfo.com
Gambar dari: jpninfo.com

Kerjasama Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan terbilang cukup erat. Jika Sahabat ingin bersekolah di Jepang, bahasa Inggris saja tidak cukup. Karena meskipun Jepang termasuk negara maju, negara Jepang tetap menjunjung tinggi bahasa nasionalnya. Bahasa Inggris masih jarang digunakan dalam keseharian orang-orang Jepang. Dari tahun ke tahun, jumlah beasiswa yang ditawarkan Jepang untuk siswa Indonesia semakin banyak. Jadi kalau Sahabat ingin belajar ke Jepang, belajar bahasanya dari sekarang yuk!


4 . Bahasa Belanda

Gambar dari: pinterest.com
Gambar dari: pinterest.com

Lamanya Belanda menjajah Indonesia membuat hubungan kekerabatan Belanda dan Indonesia sangat dekat. Bahkan kakek buyut kita mungkin sangat fasih berbahasa Belanda. Selain kedekatan Belanda – Indonesia dalam ikatan sejarah, Belanda juga memberi peluang untuk warga Indonesia belajar di sana. Selain banyak membuka peluang untuk siswa Indonesia, Kementerian Keuangan Indonesia pun kini menyediakan beasiswa yang disebut beasiswa LPDP untuk siapa saja yang berminat bersekolah ke Luar Negeri, termasuk Belanda.


5 . Bahasa Mandarin

Gambar dari: abclanguagesf.com
Gambar dari: abclanguagesf.com

Tiongkok semakin bersaing di kancah ekonomi internasional. Tidak ada salahnya mempelajari bahasa Mandarin karena kemungkinan di masa depan Tiongkok akan menguasai perekonomian dunia. Selain itu, banyaknya wisatawan dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia bisa menjadi kesempatan baik untuk para pemandu wisata yang menguasai bahasa Mandarin.


6 . Bahasa Arab

Gambar dari: rightclasses.com
Gambar dari: rightclasses.com

Seperti dikutip Tempo.co, terjadi peningkatan hubungan dagang yang luar biasa tinggi antara Timur Tengah, khususnya Arab dan Indonesia. Apalagi dengan kunjungan raja Arab yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 3 Maret ini, diharapkan Indonesia dan Arab menjalin kerjasama yang semakin banyak dan menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, banyaknya jemaah haji dari Indonesia ke Arab Saudi juga bisa menjadi kesempatan untuk orang-orang yang menguasai bahasa Arab sebagai pemandu haji. Siapa yang ingin kerjanya sering mengunjungi Mekkah? Yuk, belajar bahasa Arab dari sekarang!


7 . Bahasa Perancis

Gambar dari: bathroomreader.com
Gambar dari: bathroomreader.com

Bahasa Perancis yang dianggap lebih sulit dipelajari karena pelafalan kata-katanya yang berbeda ini membuat warga Perancis sendiri kesulitan untuk mempelajari bahasa selain bahasa Perancis. Tetapi, bahasa ini sangat banyak digemari karena disebut-sebut sebagai bahasa paling romantis di dunia. Terbukti dengan adanya sekitar 200 juta penutur bahasa Perancis di dunia. Sehingga jika kita bersekolah atau bekerja di Perancis, kebanyakan warga disana tidak bisa berbahasa Inggris. Kalau sudah begitu, kitalah yang harus menguasai bahasa Perancis untuk bisa berkomunikasi dengan warga disana.


8 . Bahasa Spanyol

Gambar dari: greentreelibrary.org
Gambar dari: greentreelibrary.org

Bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi negara-negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kalau Sahabat berminat untuk bersekolah di negara-negara tersebut, Sahabat dianjurkan untuk bisa menguasai bahasa Spanyol. Karena beberapa kampus di benua Amerika dan Eropa pun mewajibkan mahasiswanya untuk menguasai bahasa ini sebelum memulai studinya di sana.

Menurut Sahabat, bahasa apa yang paling menarik untuk dipelajari? Sampaikan di kolom komentar ya!

(Penyunting: Kak Nizar)

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *