foto diambil via boredpanda.com
foto diambil via boredpanda.com

Sebuah hutan di Hallerbos, Belgia membuat semua turis penasaran. Pasalnya, hutan tersebut berwarna biru! Hhmm… apakah itu hutan tempat tinggal para Smurf?

Sahabat, ternyata warna biru keunguan yang mendominasi hutan di Belgia itu bukan berasal dari Smurf tetapi dari bunga yang sedang bermekaran di sana. Bunga itu adalah Bunga Lonceng Biru atau disebut juga Bluebell. Bunga Bluebell di hutan Hallerbos ini hampir menutupi seluruh tanah sehingga terlihat seperti karpet yang menutupi lantai. Tapi bunga lonceng yang mekar secara bersamaan ini hanya mekar pada bulan April hingga Mei, jadi selain bulan April sampai Mei mungkin hutan ini terlihat seperti hutan biasa saja.

foto diambil via boredpanda.com
foto diambil via boredpanda.com

Hutan ini sudah terkenal sebagai hutan biru sejak zaman Romawi kuno. Maka itu, kawasan ini kini dilindungi pemerintah sebagai hutan lindung. Hutan ini memiliki luas total sekitar 535 hektar. Luas sekali, ya!

Hutan ini pernah hancur saat Perang Dunia Pertama oleh pasukan tentara, tetapi kemudian dihidupkan kembali sekitar tahun 1930 dan 1950-an. Tetapi tanaman bunga Bluebell memang merupakan tanaman liar, sehingga pemerintah tidak perlu repot-repot untuk menanamnya kembali.

foto diambil via boredpanda.com
foto diambil via boredpanda.com

Setiap musim semi hutan ini tidak hanya ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan biru, tetapi hutan ini juga menjadi rumah bagi berbagai macam hewan dan burung. Ada tupai merah yang senang memanjat di antara pohon pinus, ada juga elang, rubah, kelinci hutan, burung hantu, dan sigung yang berekor bau. Pasti hutan ini sangat ramai seperti di negeri dongeng!

foto diambil via boredpanda.com
foto diambil via boredpanda.comBluebell

Kalau ingin menjelajahi hutan ini, Sahabat bisa sekedar berjalan kaki pada pagi atau sore hari, atau juga bersepeda. Karena hutan ini merupakan hutan umum, setiap orang yang hendak masuk ke hutan ini tidak dikenai biaya apa pun. Asik, kan! Tapi jangan merusak dan mengganggu habitat hewan dan tumbuhan di sana, ya …

Sahabat juga bisa lihat video wisatanya, di sini

2,321 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *