Penamaan Android
Foto via viral.kincir.com

Kalian yang menggunakan gadget dengan sistem operasi Android pasti sudah tidak asing dengan penamaan seri Android yang diambil dari makanan-makanan manis. Seperti, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga yang terbaru adalah Nougat. Terdengar menarik, kan? Tapi tahu tidak mengapa pihak Google menamakan seri sistem operasinya itu dengan nama makanan-makanan manis? Begini ceritanya …


Membuat Hidup Semakin Manis

Penamaan Android
foto via viral.kincir.com

Dulu ketika di wawancarai CNN, juru bicara Google mengatakan bahwa perihal pemberian nama itu adalah merupakan hal ajaib yang dilakukan oleh tim dan tidak bisa dijelaskan. Namun, ketika peluncuran Android seri Kitkat mereka sedikit membocorkan alasan mengenai penamaannya itu. Pihak Google mengatakan bahwa karena Android merupakan sistem operasi yang menggerakan lebih dari 1 milyar smartphone dan tablet. Dan hal itu telah membuat hidup banyak orang menjadi lebih manis dengan segala kemudahan. Sehingga setiap nama seri Android dinamakan layaknya makanan manis. Dan sejak semua orang sulit untuk menolak kenikmatan cokelat, maka seri terbarunya waktu itu dinamakan Kitkat.


Sebuah Kebiasaan

Penamaan Android
foto via viral.kincir.com

Ada juga yang mengatakan bahwa saat pembuatan Android 4.4 yang kemudian diberi nama Kitkat tersebut, para kru sering menghabiskan waktu sampai larut malam. Untuk membuat mereka tetap bersemangat, mereka sering mengambil Kitkat sebagai kudapan. Nah, dari situlah muncul ide penamaan tersebut. Tapi, memang pas juga ya, karena Android selalu menamakan seri terbarunya dengan abjad yang berurutan.

Awalnya, saat Android 1.0 dan 1.0 diciptakan kedua seri itu hanya dinamakan Alpha dan Beta. Tapi sekarang sudah diganti menjadi Apple Pie dan Banana Bread. Jika diurutkan dari awal, Android punya Apple Pie, Banana Bread, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan yang terbaru adalah Nougat.

Penamaan Android
foto via indianexpress.com

Ada kebiasaan unik yang dilakukan setiap Android merilis versi terbarunya, yaitu dibuatnya patung Android raksasa berbentuk makanan yang sesuai dengan nama tiap versi Android tersebut. Patung raksasa itu ditempatkan di halaman depan Google Campus untuk dipamerkan. Wah, bisa Sahabat bayangkan tidak pasti Google Campus itu lucu sekali yah. Ada patung cupcake raksasa, ada patung marshmallow juga!


Bukan Hanya Google

Penamaan Android
Halaman depan kantor Android di Google Campus

Sebenarnya bukan hanya Google yang melakukan kebiasaan menamai seri dari produknya dengan nama-nama yang memiliki tema yang sama. Contohnya perusahaan saingan Android yaitu Apple juga menamai seri-seri perangat lunaknya dengan nama-nama dari spesies kucing besar seperti puma, Jaguar, Snow Leopard, dan lainnya. Tapi coba bayangkan, jika Apple juga membuat kebiasaan yang sama dengan Android yang membuat patung raksasa dari karakter sistem operasinya. Sepertinya kantor Apple akan jadi menyeramkan ya? Hehehe …

 

 

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *