Gua Waitomo | Feature
Gua Waitomo – Gua Berbintang di Selandia Baru

Gua adalah lubang  di tanah atau batu yang terbentuk alami dan biasanya berada di pegunungan. Gua biasanya gelap karena tertutup atap batuan yang tidak memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke dalam. Tapi, ada yang berbeda dengan gua di Selandia Baru ini. Namanya gua Waitomo, nama ini berasal dari ‘wai’ yang artinya air dan ‘tomo’ yang artinya lubang. Gua ini berada di daerah Waitomo, Selandia Baru.


Gua Waitomo2 | Image

Gua Berbintang                           

            Yang berbeda dengan gua lain di dunia, gua Waitomo ini diterangi cahaya putih kebiru-biruan yang nemempel di langit-langit gua ini. Gua ini tidak dipasangi lampu, tetapi cahaya tersebut berasal dari jutaan cacing yang menghasilkan cahaya berpendar dari tubuhnya. Cacing ini merupakan spesies Arachnocampa luminosa. Cacing tersebut menempel di langit-langit gua sehingga tampak seperti langit berbintang. Keindahan ini menjadi daya tarik paling menakjubkan bagi wisatawan yang datang.


Cacing pendar | foto: atlasobscura.com
Cacing pendar | foto: atlasobscura.com

Menjadi Objek Wisata

            Sebenarnya, penduduk suku Maori sudah tahu sejak lama mengenai keberadaan gua tersebut. Namun, mereka tidak pernah benar-benar mengeksplorasi gua tersebut. Barulah pada tahun 1887, kepala suku Maori yang bernama Tane Tinorau menjelajahi gua ini dengan didampingi seorang petualang asal Inggris, Fred Mace. Mereka masuk ke gua dengan menggunakan rakit, menyusuri sungai bawah tanah sambil membawa lilin sebagai alat penerangan. Merek begitu terkagum-kagum melihat langit-langit gua yang bercahaya kelap-kelip layaknya bintang.

Setahun kemudian, gua ini dibuka untuk umum. Pak Tane dan istrinya sendiri yang memandu para wisatawan untuk melihat-lihat keindahan gua tersebut dengan bayaran yang murah saja. Sampai kemudian pada tahun 1906, pengelolaan gua tersebut diambil alih oleh pemerintah setempat.


Foto: backpackerguide.nz
Foto: backpackerguide.nz

Tidak Kalah Indah

Selain bercahaya seperti langit berbintang, gua ini tidak kalah indah dengan gua lainnya, gua yang dasarnya dialiri sungai bawah tanah ini juga memiliki stalaktit yaitu batuan kapur yang menempel di langit-langit gua dengan ujung meruncing, seperti gigi taring pada hewan buas. Juga stalagmit yaitu susunan batuan kapur yang tumbuh dari dasar gua mengarah tegak ke atas.

Untuk menikmati indahnya Gua Waitomo, kita bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau dengan perahu. Bagi yang suka berpetualang, kita juga bisa merasakan pengalaman unik dengan melakukan arung jeram bawah tanah.

Bagaimana, Sahabat tertarik mengunjungi gua unik ini?

 

[Oleh : Rini]

1,065 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *