Foto Bumi dari luar angkasa via pixabay.com
Foto Bumi dari luar angkasa via pixabay.com

Sahabat tahu kan bahwa setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Hhmm … apa sih sebenarnya Hari Bumi dan mengapa diperingati pada tanggal 22 April ya?

Begini awalnya, seorang senator dari Amerika Serikat  bernama Gaylord Nelson mencanangkan gerakan-gerakan cinta lingkungan sejak tahun 1969. Nelson yang juga seorang pengajar di bidang lingkungan hidup ini memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Kemudian gagasan ini mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dukungan terhadap Pak Nelson ini kemudian mencapai puncaknya pada tahun 1970, tepatnya pada tanggal 20 April sebanyak 20 juta orang turun ke jalan untuk menyampaikan ide dan pikirannya terhadap kondisi lingkungan saat itu. Menurut majalah TIME, mereka memadati Fifth Avenue di New York. Momen itu menjadi hari kelahiran untuk pejuang lingkungan. Sejak saat itu pada 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi, dan hari ini diperingati di seluruh dunia.

Foto dari: firstgradewow.blogspot.com
Foto dari: firstgradewow.blogspot.com

Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikoordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

Sebagai pelajar, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Bumi? Kakak admin punya beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Bumi nih …

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi adalah dengan membuat bank sampah. Bank sampah adalah tempat orang-orang mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang seperti botol plastik dan bungkus plastik lainnya. Sebagai daya tarik, pengelola bank sampah bisa memberi hadiah kecil untuk setiap orang yang “menyumbang” sampah tersebut. Bisa makanan ringan atau apapun. Pasti banyak yang tertarik untuk mengumpulkan sampah ke bank sampahmu.

Hari Bumi3 | Image

Untuk tahap selanjutnya, setelah sampah tersebut terkumpul banyak kalian bisa membuat proyek kesenian dari sampah-sampah tersebut. Banyak hal yang bisa dibuat dari sampah plastik, misalnya tas tangan, vas bunga, tempat pensil, atau hiasan-hiasan lain. Buatkah sebanyak-banyaknya kerajinan dari sampah tersebut, kemudian kalian bisa membuat sebuah acara pameran yang menampilkan karya-karya tersebut!

Foto dari: remadeinbrit.wordpress.com
Foto dari: remadeinbrit.wordpress.com

Nilai tambahnya, Sahabat bisa menjual karya yang telah dibuat sebagai penggalangan dana yang hasilnya bisa digunakan untuk pelestarian lingkungan. Misalnya, membeli bibit tanaman yang bisa ditanam di daerah sekolah atau untuk membiayai proyek vertical garden di sekolah. Bagaimana, keren kan idenya?

Jadi, kegiatan apa yang Sahabat lakukan untuk merayakan Hari Bumi? Jangan lupa tulis ide Sahabat di website KKPK ya. Selamat Hari Bumi!

1,076 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *