Himeji Castle | Feature

Istana yang berada di puncak bukit kota Himeji, Jepang ini merupakan salah satu istana dari abad ke 17 yang masih bertahan hingga sekarang. Bangunan istana ini memiliki sistem pertahanan yang  bagus meskipun mendapat banyak serangan dari musuh pada era Shogun. Wah, kok bisa ya …

Bangunan ini merupakan mahakarya yang dibangun menggunakan kayu yang menyatukan kepentingan fungsi dan keindahan. Dengan warna dominan putih yang senada dengan warna merah muda dari bunga sakura di sekitarnya. Bangunan ini telihat sangat tinggi dari kejauhan, karena selain berada di puncak sebuah bukit, bangunan istana ini juga memiliki atap yang berundak-undak.

himeji-castle-3 | Image

Istana ini sering disebut juga Hakuro-jo yang artinya “Istana Bangau Putih”. Disebut demikian karena istana ini memiliki warna yang mirip dengan burung bangau yaitu putih serta bentuk atap yang mirip seperti burung saat terbang.

Awalnya istana ini merupakan benteng pertahanan yang dibangun oleh Akamatsu Norimura pada tahun 1333. Namun kemudian mengalami pembongkaran dan dibangun kembali dan diberi nama Istana Himeyama pada tahun 1346. Istana ini sempat mengalami beberapa kali perubahan bentuk sampai pada tahun 1581 istana ini memiliki tambahan bangunan tiga tingkat oleh Yoyotomi Hideyoshi.

Himeji Castle2 | Image

Pada tahun 1600, Tokugawa Ieyasu menghadiahkan istana ini kepada menantunya, Ikeda Terumasa, yang telah membantunya dalam peperangan Sekigahara. Ikeda kemudian membangun istana ini menjadi komplek istana yang lebih luas.

Selama beratus-ratus tahun istana ini berdiri dengan kokoh dan utuh meskipun pernah terkena dampak pemboman di Himeji pada saat perang dunia ke 2 dan beberapa bencana alam seperti angin topan dan gempa bumi.

koko-en-garden | Image

Setelah mengalami pelebaran, luas istana Himeji secara keseluruhan mencapai 233 hektar yang terdiri dari 83 bangunan yang semuanya dibangun dengan batu dan kayu. Bangunan tertinggi di komplek istana ini mencapai 46,4 meter dari permukaan laut. Bangunan utama istana Himeji terlihat dari luar memiliki 5 lantai, padahal dari bagian dalam ada 6 lantai dan satu lantai bawah tanah. Karena lantai dua dan lantai 3 terlihat memiliki dinding yang menyatu.

himeji-castle-4 | Image

Keindahan dan kekokohan bangunan ini telah diresmikan oleh UNESCO pada 1993 menjadi situs warisan dunia yang dilindungi. Sampai saat ini, bangunan istana putih yang cantik ini telah menarik sekurangnya 2,8 juta pengunjung setiap tahunnya. Sahabat KKPK juga pasti ingin mengunjungi istana ini, kan?

Sumber foto: Justfunfacts.com

913 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *