Jembatan Semanggi | Feature

Di Jakarta ada jembatan yang sering juga disebut Simpang Susun Semanggi. Simpang Susun Semanggi ini merupakan sebuah jembatan tanpa sungai yang sudah dibangun sejak tahun 1961. Dulu jalanan di Jakarta belum macet seperti sekarang. Ada beberapa hal yang harus Sahabat ketahui tentang jembatan yang akan diresmikan tanggal 17 Agustus 2017 nanti. Ini dia pembahasan lengkapnya…

Perempatan Tanpa Lampu Lalu Lintas

Kedengarannya berbahaya, tapi sesungguhnya tidak kok! Perempatan ini memang tidak membutuhkan lampu lalu lintas karena setiap kendaraan dari arah yang berbeda mempunyai jalurnya sendiri yang berbentuk seperti daun semanggi. Jadi tidak akan ada kekacauan atau sampai bertabrakan.

Tamanan Semanggi

Jembatan Semanggi2 | Image

Sahabat dari tadi masih bingung membayangkan bentuk daun semanggi itu seperti apa? Yuk, kenalan sama tanaman semanggi. Tanaman yang memiliki nama latin Marsilea mutica ini merupakan tanaman air seperti teratai. Pada umumnya, setiap tangkai semanggi memiliki 3 kelopak daun. Namun ada juga yang memiliki 4 buah kelopak. Daun yang memiliki 4 buah kelopak mitosnya merupakan sebuah keberuntungan. Para insinyur dan arsitek ternyata melihat potensi dari bentuk daun semanggi ini untuk mengatasi kemacetan. Padahal, untuk masyarakat biasa daun ini hanya sekedar tanaman sayur atau lalapan.

Sempat Dianggap Pemborosan

Saat pertama kali pembangunan jembatan ini diusulkan, proyek ini dianggap hanya menghamburkan uang negara. Karena ketika itu Jakarta belum mengalami kemacetan parah seperti sekarang. Tetapi sekarang jembatan ini mulai memberi manfaat untuk mengatasi kemacetan. Dahulu pembangunan jembatan ini berhubungan dengan persiapan Indonesia saat menjadi tuan rumah ajang olahraga se Asia yaitu Asean Games pada tahun 1962. Sebagian besar pertandingan digelar di Stadion Gelora Senayan (sekarang menjadi Stadion Gelora Bung Karno), sedangkan para atlit menginap di Hotel Indonesia. Para atlit dan rombongan harus melewati perempatan jalan Sudirman dan Gatot Subroto. Kemudian Menteri Pekerjaan Umum pada waktu itu, Ir. Sutami, mengusulkan agar dibangun jalan layang untuk mencegah kemacetan lalu lintas. Sehingga dibuatlah Jembatan Semanggi ini.

Jembatan Semanggi4 | Image

Tidak Lagi Mengatasi Kemacetan

Beberapa puluh tahun kemudian, Jakarta yang tidak berhenti mengalami pertumbuhan penduduk menjadikan jembatan ini tidak mampu lagi mengatasi kemacetan. Maka dari itu, jembatan ini diperbarui dengan dibangunnya dua jalan simpang susun baru yang dibangun diatas jalan tol.

Canggil dan Indah

panoramio.com
panoramio.com

Jembatan ini akan menjadi jembatan tercanggih sekaligus terindah di Indonesia. Dengan lampu warna-warni yang menghiasi, jembatan ini akan terlihat seperti daun semanggi yang mengambang diatas air. Pembaruan jembatan ini rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2017 nanti bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Lihat video animasi Jembatan Semanggi baru yang dibuat oleh PT Wika ini di bawah ini!

[Oleh : Rini]https://youtu.be/ygVooZWfCKs

75 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *