Mandi | Feature

Mandi adalah kegiatan yang harus kamu lakukan setiap hari. Dengan mandi, kamu telah membuang kuman dan kotoran yang menempel di tubuhmu. Tetapi, manfaat mandi tidak hanya untuk membersihkan badan dari kotoran, lho … mandi mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan.

Pada umumnya, orang-orang mandi dengan air dingin, tetapi sebagian orang ada yang lebih memilih mandi dengan air hangat. Kedua cara tersebut memiliki manfaat masing-masing. Ini dia manfaat dari mandi air hangat dan air dingin.

baby bath | Image

Air dingin

Mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menstimulasi sistem imun tubuh sehingga tubuh akan semakin kuat melawan penyakit yang hendak hinggap. Selain dapat menstimulasi sistem imun, mandi dengan air dingin juga dapat menstimulasi hormon antistres, lho …. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan refleks kewaspadaan kita, meningkatkan metabolisme tubuh, mengencangkan kulit, mengurangi rambut rontok, bahkan mencegah demam! Wah, pantas saja banyak yang mengatakan mandi dengan air dingin dapat membuatmu awet muda. Hihihi.


Mandi | Image

Air hangat

Air hangat yang tidak terlalu panas memang baik untuk menenangkan otot tubuh yang sudah dipakai beraktivitas sepanjang hari atau sehabis berolahraga. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kepala, dan mengurangi kecemasan. Itulah kenapa kamu merasa lebih santai dan tenang sehabis mandi air hangat. Di samping itu, mandi air hangat bisa membantu meredakan pembengkakan di tubuh yang disebabkan oleh kegiatan olahraga atau benturan. Air hangat juga dapat membuag racun dalam tubuh dan membuka pori-pori tubuh sehingga kotoran yang masuk ke dalam pori-pori bisa dengan mudah dibersihkan.

Nah, dilihat dari keuntungan dan manfaatnya, mandi sebaiknya dilakukan dengan air dingin saja. Sedangkan mandi air hangat dilakukan jika memang diperlukan. Kalau Teman-Teman, lebih suka mandi dengan air dingin atau air hangat?

(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *