usseek.com
usseek.com

Setiap orang memiliki setidaknya satu titik geli di tubuh kita, titik-titik itu pada umumnya berada di bagian telapak kaki, ketiak, pinggang, atau leher bagian belakang. Ketika seseorang menyentuh bagian tersebut, tubuh kita biasanya merasa geli dan menyebabkan kita tertawa. Mengapa saat merasa geli kita tertawa ya, Sahabat?

Tertawa saat merasa geli terjadi akibat panik ringan yang kita alami saat digelitiki. Bahkan, jika Sahabat tahu akan digelitiki, perasaan panik dan takut tersebut bisa membuat Sahabat tertawa duluan sebelum digelitiki.

Tetapi, saat menggelitiki diri sendiri mengapa kita tidak merasa geli ya?

via cibf.edu.au
via cibf.edu.au

Menurut Kak Sarah Blakemore, seorang peneliti dari University College London (UCL) mengatakan bahwa ada area otak yang disebut otak kecil (cerebellum) yang berfungsi sebagai pemantau gerakan. Bagian otak ini bisa memprediksi sensasi yang ditimbulkan dari sebuah gerakan yang kita lakukan sendiri, tetapi tidak dapat memprediksi sensasi gerakan yang dilakukan orang lain. Sederhananya, otak kita menganggap gerakan yang kita lakukan itu sebagai gerakan aman, yang tidak mengancam. Sedangkan, gerakan dari orang lain bisa dianggap sebagai gerakan yang mengancam.

Kak Sarah juga mengatakan, “Ketika kamu mencoba menggelitik diri sendiri, cerebellum memprediksi sensasi yang akan ditimbulkan, dan prediksi tersebut digunakan untuk membatalkan respon dari daerah otak lainnya”. Ia menjelaskan, ada dua area otak yang terlibat dalam memproses perasaan ketika kita digelitik, yaitu korteks somatosensori yang memproses sentuhan dan korteks singulat anterior yang memproses informasi yang menyenangkan (perasaan nyaman).

Jadi, itulah jawabannya mengapa kita tidak merasa geli saat menggelitiki diri sendiri. Sekarang Sahabat sudah tahu kan? Jika Sahabat KKPK punya informasi menarik lain, Sahabat bisa tulis artikel sendiri di rumahkkpk.com, lho … Kakak tunggu ya!

(Penyunting: Kak Nizar)

Bagikan :
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *