Kakek | Feature

Sahabat tahu, tidak? Ternyata semakin banyak waktu yang kita habiskan dengan orang tua, akan membuat orang tua kita lebih panjang umur. Diluar ketentuan Allah terhadap hidup manusia, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap 1600 orang tua dengan rata-rata usia 71 tahun tanpa mempertimbangkan faktor kesehatan ataupun keadaan sosial ekonomi. Dari penelitian yang berlangsung lebih dari 7 tahun itu dapat disimpulkan, bahwa dari banyaknya partisipan, kelompok orang tua yang rutin dikunjungi oleh anak dan saudara-saudaranya lebih sedikit yang meninggal dibandingkan dengan kelompok orang tua yang jarang dikunjungi oleh anak dan saudaranya. Tingkat kematian pada kelompok orang tua yang dikunjungi adalah sebesar 14 persen, sedangkan kelompok orang tua yang tidak mendapat kunjungan meninggal sebesar 23 persen.

Grandparent | Image

Kesimpulan penelitian tersebut adalah, orang tua yang sering dikunjungi oleh sanak saudaranya, memiliki kesempatan hidup lebih lama. Hal ini disebabkan karena faktor kesepian dapat menyebabkan seseorang menjadi semakin lemah fisiknya, kesepian juga dapat membuat orang mudah depresi dan terserang berbagai penyakit.

Supaya orang tua tidak kesepian, kita harus menemaninya. Orang tua bukan berarti hanya Ayah dan Ibu, Kakek dan Nenek juga termasuk orang tua kita. Lagi pula, berkumpul dengan nenek dan kakek kan seru. Kakek biasanya senang bercerita dan berbagi pengalaman dengan cucunya. Pengalaman beliau itu sangat berharga karena belum tentu dapat kita alami. Nenek biasanya adalah orang yang akan memanjakan kita lebih dari ibu kita sendiri. Nenek senang kalau melihat cucunya makan, oleh sebab itu, nenek biasanya akan memasak dan menyediakan banyak makanan saat cucunya datang berkunjung.

Sahabat KKPK semua pasti sayang kepada kakek dan nenek juga, kan? Yuk, sempatkan waktu liburan kalian untuk mengunjungi rumah kakek dan nenek. Karena komunikasi sekarang sudah canggih, jangan lupa telepon kakek dan nenek di waktu luang kalian, ya!

Sahabat KKPK punya cerita tentang pengalaman kalian berkunjun ke rumah kakek dan nenek? ceritakan kepada Sahabat KKPK lainnya, yuk! Tulis cerita kalian di rumahkkpk.com, ya!

(Penyunting: Kak Aas)

Bagikan :
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *