Kaum Tsimane | Feature

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Menurut data statistik, satu orang meninggal setiap satu menit disebabkan oleh penyakit jantung. Yang lebih mengkhawatirkan adalah penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua saja, tetapi mulai banyak menghinggapi orang-orang yang berumur relatif masih muda. Selain faktor keturunan, pola hidup kita juga sangat berperan penting dalam terjadinya serangan jantung. Pola hidup yang sehat tentunya akan menjauhkan kita dari segala penyakit termasuk penyakit jantung ini.

Kaum Tsimane | Image

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal The Lancet, menemukan sebuah suku yang rata-rata penduduknya memiliki jantung yang sehat. Mereka adalah kaum Tsimane. Bahkan orang-orang Tsimane telah dinobatkan memiliki jantung tersehat di dunia. Rata-rata orang Tsimane tidak memiliki penyumbatan arteri di jantungnya, bahkan para orang tua disana pun masih memiliki jantung yang sehat. Apa rahasianya ya?

Ternyata kaum Tsimane adalah kaum penjelajah. Kaum Tsimane rata-rata berjalan sampai 16.000 langkah setiap hari. Bahkan orang tua diatas 60 tahun pun masih kuat berjalan sebanyak 15.000 langkah setiap hari. Kebiasaan berjalan jauh itu membuat tubuh mereka sehat.

Tsimane, Amazon Bolivia | Image

Selain kebiasaan berjalan jauh, kaum Tsimane tidak pernah merokok ataupun terpapar asap rokok. Mereka hidup di sebuah pedesaan yang masih asri, dan mereka selalu merawat keasrian tempat tinggal mereka. Mereka juga memiliki pola makan yang sedikit berbeda dari kebanyakan orang. Sebanyak 17 persen kalori yang dikonsumsi berasal dari binatang buruan yang mereka dapet seperti babi hutan, tapir, hingga capybara. Sedangkan tujuh persennya dari konsumsi ikan air tawar seperti ikan piranha dan lele. Sedangkan sisanya mereka makan dari lahan pertanian seperti padi, jagung, ubi jalar, pisang, buah, dan kacang-kacangan.

Tsimane boy | Image

Ini berarti 72 persen kalori yang dimakan berasal dari karbohidrat dan 14 persen lemak. Selain itu, kaum Tsimane juga lebih banyak makan daging tanpa lemak. Pola makan makanan yang berasal dari tumbuhan lebih banyak dibandingkan konsumsi hewani membuat tubuh mereka tidak mudah terserang penyakit. Ditambah kebiasaan mereka berjalan sama saja seperti berolahraga rutin. Jadi, itulah rahasia kaum Tsimane yang memiliki jantung paling sehat di dunia.

Beritahu kakek, nenek, ibu dan ayah kita yuk! Supaya mereka semua mulai hidup dengan pola yang sehat dan terhindar dari pembunuh nomor satu ini ya!

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *