Elon Mask

Sudah lebih dari dua minggu tim sepak bola junior Thailand terjebak di dalam gua Tham Luang provinsi Chiang Rai.  12 pesepak bola junior beserta satu orang pelatihnya itu terjebak saat melakukan susur gua pada 23 Juni 2018 lalu karena hujan deras yang masuk membanjiri gua.

Kondisi gua yang sempit, rendah, dan tidak rata oleh batu-batu menyulitkan proses evakuasi. Air yang tinggi tidak memungkinkan para korban, yang didominasi anak-anak, untuk menyelam.

Bahkan seorang tim dari Angkatan Laut Thailand yang beroperasi untuk evakuasi telah menjadi korban. Samaan Poonan (38), meninggal dunia karena kehabisan oksigen saat melaksanakan tugasnya tersebut.

Untuk sementara, penyelamat memompakan oksigen ke dalam gua, agar para korban tidak kehabisan oksigen di dalam gua.

Elon Mask

Air dari dalam gua juga terus dipompa ke luar untuk mengurangi volume air dan bila memungkinkan, para korban di bawa menyelam ke luar gua. Namun hujan yang terus-menerus turun membuat proses penyelamatan memakan waktu lama.

Di sisi lain Elon Musk , CEO Space X, mengutus teknisinya untuk mengunjungi tempat kejadian. Setelah mendapat detail kondisi kejadian, Elon Musk mengabarkan bahwa dirinya siap membuat alat untuk membantu misi penyelamatan.

Musk mengungkapkan bahwa dia sedang membangun kapal selam mini yang dibuat dari bagian roket Falcon 9 yang dia beri nama “Primary Path”.

Melalui twitter, Elon Musk menulis bahwa Primary Path pada dasarnya adalah kapal selam yang memiliki ukuran kecil sehingga dapat muat di dalam gua, dan juga cukup ringan untuk diangkut ke Thailand.

Musk memperkirakan alat tersebut akan selesai dengan cepat, mengingat proses evakuasi yang harus segera dilakukan secepatnya.

Seperti dikutip dari TribunJabar.id, rencana Elon Musk ini dinilai lebih efisien dan memiliki risiko lebih kecil dari pada upaya mengebor atap gua atau membawa para korban menyelam.

Banyak orang menyebut Elon Musk dengan sebutan “The real life Tony Stark” atas apa yang telah dilakukannya sebagai ilmuwan.

Siapa sebenarnya Elon Musk? Anda bisa mengenalnya lewat buku “Elon Musk: Pria di Balik Paypal, Tesla, SpaceX, dan Masa Depan yang Fantastis

 

[Oleh : Rini]

1,716 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada: