Profesor Robert Langdon adalah karakter fiksi dari seri buku yang ditulis oleh Dan Brown. Buku-buku populernya adalah Angels and Demons (2000), The Da Vinci Code (2003), The Lost Symbol (2009), Inferno (2013) and yang terbaru, Origin (2017). Angels and Demons, The Da Vinci Code, dan Inferno telah diadaptasi menjadi film, dengan Tom Hanks memerankan sosok Robert Langdon.

Robert Langdong - Penerbit Buku Dan Brown

1. Menyukai Kopi Indonesia

Rasa cinta sosok tokoh Robert Langdon untuk menikmati kopi yang berasal dari Indonesia tidak begitu diperlihatkan di dalam Film. Sehingga, bagi orang-orang yang hanya menonton film dari petualangan Robert Langdon ini, tidak begitu mengetahui bahwa sebenarnya sosok profesor dari Universitas Harvard ini sangat menyukai kopi Sumatra. Hal ini dapat terlihat dari beberapa kali Robert Langdon menikmati kopinya di pagi hari. Salah satunya pada bagian awal buku The Lost Symbol dijelaskan bahwa Robert Langdon sedang menggiling biji kopi Sumatra. Menurutnya, aroma kopi Sumatra amat eksotis.

2. Robert Langdon di Film Lebih Tua dari pada di buku

Robert Langdon di dalam buku jauh lebih muda dibandingkan sosok Tom Hanks yang memerankan Robert Langdon di film. Robert Langdon lahir pada 22 Juni 1964, sehingga pada tahun 2018 ini Robert Langdon berusia 54 tahun. Sedangkan Tom Hanks pemeran Robert Langdon di film, berusia 61 pada tahun ini. Hal ini membuat jarak antara umur Robert Langdon di buku dengan umur Tom Hanks cukup jauh.

3. Kisah Cinta Robert Langdon

Jika kita menonton film-film adaptasi dari novel Dan Brown, sama sekali tidak dibahas kisah cinta sang profesor Harvard. Sosok Robert Langdon di film hanya diceritakan berpetualang dengan wanita-wanita cantik. Namundi novelnya, Robert Langdon juga beberapa kali terlibat hubungan asmara dengan wanita-wanita tersebut. Salah satu di antaranya adalah Dokter Vittoria Vetra di buku Angels and Demons.

4. Kisah Robert Langdon Sebelum Menjadi Profesor

Film jarang sekali membahas tentang masa muda Robert Langdon. Dalam film, tidak lebih dari satu kali saja diceritakan bahwa Robert Langdon di masa kecil pernah terjatuh dan terjebak di sumur seharian, membuatnya takut pada tempat-tempat tertutup dan sempit. Di sisi lain, Langdon sangat menyukai museum, , kemudian dia mengembangkan passion tersebut untuk mempelajari seni-seni lukisan termasuk sejarah dan simbologi. Selain itu, Robert Langdon ketika remaja juga aktif sebagai atlet polo air.

5. Robert Langdon Bukan Seorang Ateis

Banyak sekali dari kita yang berpikir bahwa Robert Langdon merupakan seorang ateis. Nyatanya, beberapa kali di buku dijelaskan dan digambarkan bahwa Robert Langdon masih mempercayai suatu zat yang lebih tinggi daripada manusia, yang mengatur alam semesta. Pada film Angels and Demons, saat Robert Langdon diberi pertanyaan tentang kepercayaannya terhadap Tuhan, dia menjawab bahwa sebagai seorang akademisi hatinya menerima bahwa Tuhan itu ada namun akal pikirannya tidak dapat mengerti Tuhan. Di buku Thee Da Vinci Code sendiri juga pernah digambarkan bahwa Robert Langdon berdoa untuk diberikan keselamatan terhadapnya.

Itulah fakta-fakta tentang Robert Langdon yang tidak ditampilkan dalam versi film. Kamu tahu hal lain yang belum terkuak tentang Robert Langdon? Tulis di kolom komentar ya!

 

[Oleh : Bilqis]

2,778 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada: