Sholat Tahajjud | Featured Image
Gambar: bisakali

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan umat Muslim, bahwa menunaikan shalat malam akan mendapatkan banyak keberkahan, baik itu yang terasa di dunia maupun akhirat. Hal-hal luar biasa seperti kesehatan dan kemudahan rezeki adalah dua di antara keberkahan dari shalat malam.  Namun, tidak sedikit umat Muslim yang mengabaikan shalat malam dengan berbagai alasan. Di antaranya mengantuk dan takut kekurangan waktu tidur yang berkualitas. Padahal, menunaikan shalat malam lah yang menjadikan hidup kita berkualitas.

Jadi, mau pilih yang mana? Jika jawabanmu ingin hidup berkualitas di dunia dan akhirat, ayo kita agendakan untuk shalat malam. Bagi yang belum terbiasa menunaikannya, mari kita pelajari dahulu tata cara untuk menunaikan shalat malam. Sebagai bahan referensi, kamu bisa membaca buku Dahsyatnya Shalat Malam yang ditulis oleh Salamah Muhammad Abu Al-Kamala.

Sholat Tahajjud 3 | Image

Nah, berikut  5 alasan mengapa kita harus membaca buku yang direkomendasikan oleh Tahajud Call, sebuah komunitas yang concern terhadap program shalat malam:

  1. Mengetahui Tata Cara Shalat Malam

Kebanyakan orang berpikir bahwa tata cara melaksanakan shalat malam sama dengan shalat Sunnah. Padahal, tata cara shalat malam dan shalat sunnah lain berbeda, sebagaimana petunjuk Rasulullah Saw. Buku Dahsyatnya Shalat Malam menyajikan informasi mengenai tata cara shalat malam, seperti jumlah rakaat, dan waktu terbaik untuk memanjatkan doa pada waktu tersebut. Ada empat tata cara shalat malam yang disajikan di buku ini, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Selain membantu bagi yang belum pernah menunaikan shalat malam, buku ini juga akan sangat membantu bagi yang sudah pernah menunaikan shalat malam dan ingin menyempurnakannya.

  1. Memahami Hikmah dan Manfaat dari Shalat Malam

Setiap perbuatan baik akan memberikan hikmah dan manfaat yang baik bagi pelakunya, termasuk shalat malam. Banyak sekali hikmah dan manfaat yang akan didapatkan apabila kita menunaikan shalat malam. Di antaranya: meraih cinta Allah, menghapuskan dosa dan kesalahan, mendatangkan kesehatan bagi pelakunya, dan mengangkat derajatnya ke tempat yang terpuji.

Dengan memahami hikmah dan manfaatnya, kita akan lebih mudah tergugah untuk membiasakan diri menunaikan shalat malam. Masih banyak hikmah dan manfaat lain dari shalat malam yang dibahas di dalam buku ini, setiap hikmah dan manfaat tersebut pun dijelaskan dan dibuktikan secara ilmiah dan dapat dipercaya.

  1. Mendapatkan Kiat-Kiat Efektif Agar Mudah Melakukan Shalat Malam

Terlalu pulas tidur dan mengantuk menjadi masalah yang sering dialami oleh orang yang akan melaksanakan shalat malam. Apabila sudah bangun pun, terkadang mata dan badan tidak bisa diajak kompromi untuk segera beranjak dari tempat tidur. Lalu, adakah cara untuk mengatasi hal tersebut di buku ini? Jawabannya, ada.

Ada beberapa kiat-kiat efektif yang disajikan di buku ini agar kita mudah untuk melaksanakan shalat malam. Mulai dari mengatur waktu tidur sampai hal-hal yang harus dilakukan sebelum tidur, dibahas secara mendalam dan akan mudah untuk dimengerti karena disajikan dengan cukup ringan.

Sholat Tahajjud 2 | Image
Gambar: rukunislam
  1. Mengetahui Adab-Adab yang Mesti Dijaga Saat Shalat Malam

Pantaskah baju yang biasa kita pakai tidur dipakai untuk untuk shalat malam? Seyogyanya, kita menggunakan pakaian terbaik dan menggunakan wewangian sebelum menunaikan shalat malam. Shalat malam adalah momen indah yang mampu mendekatkan kita kepada Allah Swt. Layaknya saat kita akan bertemu dengan orang yang kita cintai, pakaian yang kita gunakan tentu harus yang terbaik agar memberikan kesan yang positif.

Pun saat akan menunaikan shalat malam, mari kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sebab kita akan berkomunikasi dengan-Nya. Selain menggunakan pakaian yang bersih dan wewangian, ada beberapa adab lain yang harus dilakukan. Maka, buku ini menyajikan adab-adab yang mesti dijaga saat shalat malam agar kesempurnaan ibadah malam lebih mudah kita peroleh.

  1. Mengetahui Kisah-Kisah Teladan yang Akan Memotivasi Untuk Menunaikan Shalat Malam

Perubahan dapat bersumber dari mana saja. Salah satunya dari kisah orang-orang sukses yang sangat memotivasi diri. Buku ini juga menyajikan kisah orang-orang sukses yang memiliki kegemaran melaksanakan shalat malam. Salah satu yang diceritakan di buku ini adalah kisah Sa’id Al-Harits dan Al-Khalidah, yang mampu menginspirasi umat Muslim yang ikut berperang dalam menaklukkan benteng Romawi.

Selain kisah tersebut, masih ada beberapa kisah lain yang bisa membuatmu termotivasi untuk segera membiasakan diri menunaikan shalat malam. Dengan membaca buku Dahsyatnya Shalat Malam, insya Allah kita akan semakin membiasakan diri menunaikan shalat malam.

***

Itulah lima alasan mengapa kamu harus membaca buku Dahsyatnya Shalat Malam ini.  Semoga bermanfaat dan dapat membuatmu lebih bersemangat dalam beribadah!

Sandra Nurdiansyah
Publisis Penerbit Mizan

(Penyunting: Cecep Hasannudin)

Dahsyatnya Shalat Malam | CoverDahsyatnya Shalat Malam

Mizania

Kode Buku: UB-247

ISBN: 9786024180645

Tahun Terbit: Agustus 2016

Halaman: 220 Halaman

Berat: 0,18 Kg

Format: Soft Cover

1,378 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bagikan :