Hellen Of Troy

Mungkin kita tahu Helen of Troy atau Helen of Sparta berdasarkan film Troy yang dibintangi oleh Brad Pitt. Dia adalah wanita tercantik di dunia pada zamannya dan istri dari raja Sparta. Menurut mitologi Yunani Helen Of Troy merupakan putri Zeus (yang berubah menjadi angsa) dengan Leda, istri Tyndareus.

Dari hasil perkawinan tersebut, Leda melahirkan sebutir telur dan dari telur itulah lahir Helen.

Versi lain menyebutkan bahwa Helen adalah anak dari Zeus dan Nemesis, Dewi pembalasan, yang diasuh oleh Leda. Dalam buku Wonder Woman: Warbringer karya Leigh Bardugo, salah satu tokoh utamanya disebut sebagai keturunan Helen of Troy.

Karena Helen merupakan putri Nemesis dan membawa perang dalam darahnya, keturunan-keturunan Helen pun menjadi pencetus perang-perang besar yang terjadi di dunia, termasuk Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Helen sendiri merupakan penyebab dari salah satu perang epik terbesar dalam mitologi Yunani, yaitu Perang Troya.

Ketika dia sudah mencapai umur yang tepat untuk menikah, banyak raja dan pangeran dari Yunani berniat untuk mempersuntingnya dengan datang sendiri atau diwakilkan. Keputusan ada pada Helen dan ayahnya, Tyndareus.

Namun Tynderaus takut penolakan pada pelamar dianggap sebuah penghinaan dan berakibat perselisihan. Akhirnya Odyseus menawarkan dirinya untuk menjadi mediator untuk mengatasi masalah tersebut secara damai, asal Tyndaereus mau membantunya melamar Penelope, putri Icarius.

Bagaimana cara Odyseus mengatasi masalahnya? Sebelum suami Helen dipilih, setiap pelamar harus bersumpah akan mendukung siapapun lelaki yang akan menjadi suami Helen. Yang menjadi suami Helen kemudian adalah Menelaus yang diwakili oleh adiknya, Agamemnon.

Dengan pernikahan mereka juga, Tyndaereaus memberikan kekuasaannya pada Menelaus.

Lalu bagaimana Helen menjadi penyebab perang besar Troya? Dalam mitologi Yunani dikisahkan bahwa Paris, putra raja Priam dari Troya, ditunjuk untuk menilai siapa yang tercantik diantara Aphrodite, Athena, dan Hera. Paris tentu saja memilih Aphrodite karena dia dijanjikan wanita tercantik di dunia, yaitu Helen, sebagai hadiah.

Setelah itu Paris membawa Helen ke Troya. Namun menurut Dio Chrysostom, seorang penulis dan sejarawan Yunani pada abad pertama, pernikahan Helen dan Menelaus lebih bersifat politik. Dari banyak pelamar Helen, Paris adalah salah satunya dan menjadi favorit Tyndaereus dan anak-anaknya. Paris membawanya ke Troya karena dia menang dengan jujur dan adil.

Setelah Helen dibawa ke Troya, Melenaus menagih sumpah para pelamar Helen untuk pergi berperang ke Troya menjemput istrinya. Dari sini kita semua tahu apa yang terjadi di perang tersebut dari film Troy. Namun apa yang terjadi pada Helen setelah perang Troya?

Ada beberapa versi tentang apa yang terjadi pada Helen setelah Perang Troya. Versi Homer menyebutkan bahwa setelah Paris terbunuh, Helen menikah dengan Deiphobus, saudara Paris yang selanjutnya dia khianati. helen lalu kembali ke pelukan Melenaus dan hidup bahagia selamanya di Troya.

Namun versi dari Pausanias menyebutkan bahwa Melenaus meninggal, Helen diusir oleh anak tirinya, Nicostratus dan Megapenthese, lalu dia dihukum gantung oleh ratu Rhodia, Polyxso, sebagai balas dendam untuk suaminya yang meninggal di Perang Troya.

Itulah kisah dari Helen of Troy yang kecantikannya bisa menjadi penyebab salah satu perang terbesar di zaman Yunani kuno.

[ Oleh : Logika ]

87 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Bagikan :