Mitos | Feature

Teman-teman, kalian tahu, kan, mitos itu apa? Mitos adalah hal yang dipercaya oleh banyak orang, namun kebenarannya tidak bisa dibuktikan atau bahkan tidak benar adanya. Mitos telah ada turun-temurun, sehingga dianggap benar karena biasanya diturunkan oleh orang tua ke anaknya. Padahal, mitos seringkali tidak masuk akal. Jadi, jangan dipercaya, ya ….

Ternyata mitos tidak hanya ada di Indonesia, lho. Bahkan, mitos hampir ada disetiap negara. Kalau di negara lain, mitosnya bagaimana, ya? Kita cari tahu, yuk!


Gunting | Image

1 . Di Mesir, jika kamu membuka sebuah gunting namun tidak mempergunakannya untuk menggunting apapun, maka hal itu dianggap akan membawa sial. Hehehe, apa hubungannya dengan keberuntungan, ya?

2 . Masih di Mesir, burung hantu dianggap membawa sial bagi orang yang pertama kali melihatnya. Duh, kasihan, ya, si burung hantu. Tidak salah apa-apa, kenapa dianggap membawa sial, ya?


Owl | Image

3 . Di Cina, angka 4 dianggap tidak baik, karena cara pengucapan angka 4, hampir mirip dengan cara pengucapan kata “kematian”. Ya, mungkin itu tidak sengaja saja, ya ….

4 . Di Rwanda, wanita tidak dianjurkan memakan daging kambing, karena jika wanita memakan daging kambing dipercaya wajahnya akan ditumbuhi rambut seperti kumis atau janggut. Mitos ini jelas tidak benar, nih. Coba saja kalian makan daging kambing, wajah kalian tidak akan ditumbuhi kumis, kok ….


Permen Karet | Image

5 . Di Turki, orang-orang memercayai bahwa jika kita mengunyah permen karet pada malam hari, permen tersebut akan berubah menjadi daging orang yang sudah mati. Hahaha …. Lucu sekali, ya, Teman-teman? Bagaimana permen karet bisa berubah menjadi daging orang mati. Yang pasti, tidak boleh mengunyah permen karet pada malam hari karena kita hendak tidur. Kalau sampai lupa dan tertelan, kan, bahaya ….

6 . Di Rusia dipercayai bahwa jika ada burung yang membuang kotorannya dan mengenai badan kita, atau apapun barang milik kita, kita akan menjadi kaya raya! Hahaha …, yang ada, sih, kotor dan bau, ya?

7 . Di Spanyol, orang-orang percaya jika kita memasuki sebuah ruangan dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu, kita akan dapat kesialan. Hhmm …, kalau ini, kan, memang dianjurkan untuk melangkah atau masuk ke ruangan dengan kaki kanan dulu, ya, Teman-teman?


graveyard | Image

8 . Di Jepang, saat melewati sebuah pemakaman, orang-orang biasanya membenamkan ibu jarinya ke dalam genggamannya sendiri. Hal itu dilakukan untuk melindungi orangtua kita dari kematian. Hhmm, kematian itu siapa yang tahu, ya, Teman-teman? Hanya Allah SWT. yang tahu.

9 . Di Belanda dipercaya bahwa jika kita meminjamkan garam untuk tetangga, maka kita tidak akan mendapat keberuntungan. Wah, ini, sih, salah banget, ya, Teman-teman? Justru jika kita membantu tetangga, kita akan mendapat pahala, ya, kan?

10 . Di India, katanya kita tidak beruntung jika memotong rambut pada hari Selasa. Hihihi, apa hubungannya, ya?

Mitos-mitos di setiap negara ini ada-ada saja, ya, Teman-teman? Kita tidak boleh percaya begitu saja pada mitos, karena mitos tidak memiliki alasan yang jelas. Sisi positifnya adalah, kita harus menjaga perilaku kita di mana saja kita berada. Jangan lupa mampir dan tulis artikel kamu sendiri di rumahkkpk.com, ya!

(Penyunting: Dini Ocktarina)

Bagikan :
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *