Olahraga | Feature

Sahabat KKPK sudah baca artikel yang membahas tentang olahraga-olahraga unik dari seluruh dunia, kan? Sekarang kita akan membahas olahraga-olahraga unik yang berasal dari Indonesia. Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Keberagaman itu membuat Indonesia memiliki banyak tradisi yang unik. Olahraga termasuk salah satu produk kebudayaan, itulah yang menyebabkan beberapa olahraga ini sangat unik, terutama di mata orang asing. Apa saja, sih, olahraga-olahraga unik itu? Baca selengkapnya di bawah ini, ya!


1 . Sepak Takraw

Sepak Takraw | Image

Olahraga ini cukup populer di Indonesia, terlebih kejuaraan untuk cabang olahraga ini telah mendunia. Sepak Takraw merupakan sebuah olahraga yang dimanikan seperti bola voli, namun hanya diperbolehkan menggunakan kaki untuk memukul dan mengendalikan bolanya. Permainan sepak takraw ini dimainkan di lapangan yang ukurannya sama dengan lapangan bulu tangkis. Dulunya, sepak takraw ini berasal dari Kesultanan Malaka yang bernama sepak raga. Sepak taktraw membutuhkan 3 orang setiap regu, jadi total pemain di dalam lapangan adalah 6 orang.


2 . Karapan Sapi

Karapan Sapi | Image

Karapan sapi merupakan olahraga ekstrim dari Madura. Dalam olahraga ini bukan orangnya yang berolahraga, melainkan sapinya! Sistem permainannya, 2 ekor sapi yang akan berlari dan seorang yang akan menungangi sapi menggunakan kayu yang berada di belakangnya (seperti seorang joki). Uniknya, olahraga ini diadakan di sawah basah yang berlumpur, sehingga penunggang maupun sapinya akan sama-sama mandi lumpur. Hihihi …, seru, ya, kelihatannya?


3 . Pencak Silat

Pencak Silat | Image

Pencak silat adalah kebudayaan asli Melayu yang sudah ada dari jaman dahulu. Pencak silat memiliki banyak jenis dan alirannya. Pencak silat menyebar dari daratan Sumatra sampai ke pulau Jawa. Karena merupakan budaya Melayu, olahraga ini juga berkembang di negara-negara rumpun melayu seperti Malaysia dan Brunei. Pencak silat merupakan jenis seni bela diri yang tidak hanya ditandingkan, tapi juga dipertunjukan karena mengandung nilai seni yang indah. Misalnya, pada pencak silat ketuk tilu. Pencak silat itu jauh lebih mirip seperti tarian.


4 . Pacu Jalur

Pacu Jalur | Image

Pacu Jalur merupakan sebuah jenis olahraga yang berasal dari Riau. Yang digunakan dalam olahraga ini adalah sebuah perahu dengan ukuran panjang 25-40 meter dan dinaiki beberapa orang sekitar 40-60 orang. Dulunya, pacu jalur ini dimainkan dalam memperingati hari besar Islam, seperti Idul Firi, Maulid Nabi, atau tahun baru Muharam. Namun, seiring perkembangan zaman, pacu jalur digunakan sebagai acara festival dalam rangkaian kemerdekaan atau yang lainnya.


5 . Bakiak

Bakiak | Image

Permainan Bakiak ini termasuk ke dalam jenis olahraga karena membutuhkan kerjasama dan sportifitas yang tinggi. Pasti, Sahabat sering melihat olahraga ini setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kan? Ya, karena olahraga ini merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Hampir setiap orang bisa melakukannya. Bakiak, atau disebut juga Bangkiak (Jawa Timur) atau Terompa Galuak (Sumatra Barat) adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban bekas yang dipaku di kedua sisinya. Satu pasang sandal panjang ini bisa terdiri dari 3-5 kaki. Sahabat harus benar-benar kompak bermain bakiak ini.

Bagaimana, semuanya unik dan seru, kan? Kalau Sahabat KKPK suka olahraga apa, nih?

(Penyunting: Dini Ocktarina)

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *