Sehat Holistik cover1Kesehatan adalah impian dan dambaan semua orang. Tidak tanggung-tanggung mereka rela mengeluarkan uang puluhan juta hanya untuk satu hal yaitu kesehatan. Ditambah lagi, dengan semakin memanasnya alam bumi atau disebut dengan global warming. Menyebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga penyakit mudah muncul dan berevolusi. Pada 2008, berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO), sebanyak 30 penyakit baru yang muncul sepanjang tahun 1976-2008. Itu adalah akibat dari perubahan iklim dan pemanasan global. Artinya hampir ada satu penyakit baru yang muncul setiap tahun (Hal. 3).

Kondisi lingkungan juga sangat mendukung tumbuhnya berbagai macam penyakit. Seperti halnya Indonesia yang terletak di daerah tropis, beriklim lembab, dan menjadi tempat subur bagi pertumbuhan jamur, bakteri, juga virus penyebab penyakit (Hal 3). Bisa dibayangkan bagaimana situasi kita sebagai orang Indonesia yang dikepung oleh berbagai macam penyakit. Apalagi kondisinya begitu mendukung ?

Namun, Tuhan Sang Pencipta Alam ini, menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan. Ada penyakit ada juga penyembuh atau penawarnya. Maka Indonesia adalah negara yang diberikan penyembuh dari alam dengan persentase terbesar kedua di dunia. Negara dengan kekayaan hayati nomor 2 tertinggi di dunia setelah Brasil. Menurut Departemen Kesehatan RI, ada 30.000 spesies tanaman yang tumbuh di negara kita: 7.000 spesies diantaranya adalah tanaman obat dan 1.000 spesies telah digunakan untuk pengobatan dan mengatasi masalah kesehatan (Hal 4). Namun sayang, masih sedikit tanaman obat yang berhasil dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Terus dengan realita seperti itu, kenapa kesehatan di Indonesia begitu mahal. Padahal negeri kita, kaya akan sumber obat-obatannya ? Apa masalahnya ? Pertama ternyata lebih dari 90% bahan kimiawi untuk membuat obat konvensional diimpor dari luar negeri. Padahal Indonesia kaya akan bahan alami untuk obat-obatan. Kedua kurangnya kesadaran, pemahaman dan ilmu pengetahuan masyarakat Indonesia tentang cara memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi penyakit belum maksimal.

Buku ini hadir untuk menjawab bagaimana mengatasi penyakit-penyakit penting, ringan ataupun berat yang biasa dialami sehari-hari, dengan cara dan bahan alami. Sehingga nantinya, setiap orang yang di Indonesia akan mengetahui dan memahami bagaimana memanfaatkan serta melestarikan potensi alam negeri ini. Selanjutnya mereka akan mengetahui bagaimana cara menyembuhkan diri dari penyakit hanya dengan bahan-bahan alami.

Di dalam buku ini terdapat 3 bab, pertama bab Sehat Holistik, kedua Homeopati, dan ketiga Sehat Alami. Penulis memberikan pemahaman kepada kita. Bahwa penciptaan manusia dengan tumbuhan, hewan dan alam ini tanpa maksud. Manusia tidak akan bisa berdiri sendiri dengan hanya mengeksplorasi, tanpa melakukan pelestrian alam sekitar. Karena kesehatan yang sesungguhnya itu adalah ketika, kondisi saat seluruh tubuh, pikiran, jiwa dan lingkungan sekitar berfungsi harmonis, kreatif dan damai (Hal 15). Artinya manusia harus bersinergi simbiosis mutualisme terhadap lingkungan sekitar. Yaitu berupa menjaga, merawat dan melestarikan alam, karena Sang Pencipta menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan.

Di bab selanjutnya penulis membuat pembaca terperangah. Bahwa ternyata menjadikan diri dan keluarga sehat sempurna itu murah dan mudah. Tidak mahal seperti persepsi masyarakat pada umumnya. Tidak membutuhkan rahasia untuk hidup sehat, latihan sempurna ataupun diet ajaib yang nantinya mengantarkan seseorang mencapai kesehatan yang sempurna. Kunci untuk mencapai kesehatan sempurna ada 6 poin saja. Dijelaskan oleh penulis secara gamblang tanpa ditutup-tutupi. Pertama menghormati, mencintai, melestarikan alam dalam semua kegiatan. Keduakesehatan spiritual, mental dan emosional. Ketiga pola makan yang sehat. Keempat olah fisik atau olahraga secara rutin.Kelima obat alami sebagai tindakan pertama mengobati penyakit. Keenam menanam dan memelihara tanaman obat di halaman rumah dan di lingkungan sekitar (Hal 17-32).

Bab ketiga Khasiat Alami Tjok Gede memberikan dan memaparkan sejumlah khasiat tanaman dari tiap-tiap bagian-bagiannya. Mulai dari buah, bunga, akar atau rimpang, rumput, semak sampai dengan perdunya (Hal 88-105). Bagian yang selama ini tidak pernah kita pikirkan, ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan itu ada di sekeliling kita. Tertarik ingin tahu serta ingin memanfaatkannya ?

Kemudian Tjok Gede dalam bukunya memberi muatan yang aplikatif dan edukasi. Bukan hanya teori namun langsung ke praktik. Yaitu memberikan tips kepada pembaca bagaimana memanfaatkan tumbuhan sekitar untuk menyembuhkan sejumlah macam penyakit. Di akhir bukunya penulis memberikan beberapa ramuan alami yang bisa digunakan dan dipraktikkan oleh pembaca untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Seperti penyembuhan penyakit ambeien (wasir) dengan ramuan daun ungu dan akar jeruk wangi (Hal 107). Anemia (Kurang darah) baik karena kekurangan zat besi maupun karena perdarahan berlebihan bisa dengan ramuan tradisional Cina dan ramuan bayam (Hal 109). Selanjutnya ada juga untuk penyakit asam urat, asma, batu empedu, batu ginjal diabetes mellitus tipe-2, disentri, hepatitis, infeksi saluran kencing, insomnia, infeksi jamur kulit, difteri / ISPA, jantung, jerawat, sakit kepala, keputihan, keracunan, kolesterol, kegemukan, amandel, rhinitis, radang merah, rematik, stroke, TBC, tekanan darah tinggi dan rendah sampai dengan usus buntu. Penjelasannya cukup lengkap, mulai dari penjelasan singkat penyakitnya sampai dengan ramuan, bahan-bahan sampai ke bagaimana cara pembuatannya.

Secara garis besar buku ini sangat bagus, praktis dan aplikatif. Membuka pengetahuan baru bahwa ternyata tumbuhan disekitar kita, yang biasanya dianggap tidak bermanfaat oleh orang. Ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Minimal setiap keluarga Indonesia memiliki buku ini sebagai pegangan hidup. Bukan hanya untuk menjadikan diri sehat, namun juga untuk orang sekitar beserta lingkungan. Apalagi dengan metodenya bahwa untuk mencapai kesehatan yang sempurna, hanya bisa ditempuh dengan sinergi dengan alam yang saling menguntungkan. Sehingga nantinya, masing-masing individu akan berbondong-bondong untuk saling melestarikan serta memanfaatkan secara bijak alam Indonesia ini. Siap untuk menjadikan keluarga anda sehat sempurna ?


Judul : Sehat Holistik Secara Alami : Gaya Hidup Selaras Dengan Alam

Penulis : Tjok Gede Kerthyasa

Penerbit : Penerbit Qonita Mizan Pustaka

Cetakan/Tahun Terbit : 1, September 2013

Jumlah Halaman : 210 halaman

ISBN : 978-602-9225-64-8

Peresensi : Sandi Iswahyudi, Penggiat Klub Pecinta Buku Booklicious Malang dan Pengurus UKM FDI. Mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang.

2,035 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Bagikan :