Perkelahian Merusak Kecerdasan

Sebagai remaja yang emosinya belum stabil, seringkali hal-hal kecil saja menjadi masalah yang berujung pertengkaran. Bahkan sampai bermain fisik. Hal ini memang nampaknya lebih sering terjadi pada remaja laki-laki, tetapi tidak jarang remaja perempuan juga bertengkar melibatkan kontak fisik. Menurut penelitian terbaru, hal ini bisa berbahaya untuk kecerdasan IQ kita, lho!

Studi terbaru tentang hal ini mengatakan kalau cedera yang diakibatkan perkelahian ternyata dapat menurunkan IQ remaja setara dengan tidak bersekolah selama satu tahun! Studi tersebut menemukan fakta bahwa terlibat perkelahian satu kali saja pada remaja perempuan sudah bisa membuat kecerdasan menurun. Sedangkan untuk remaja laki-laki, dampak tersebut dirasakan setelah dua kali perkelahian.

Perkelahian Merusak Kecerdasan

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Adolescent Health ini menjadi penting karena penurunan IQ sangat berhubungan dengan penurunan performa di sekolah, gangguan mental, hingga gangguan perilaku. Para peneliti mengatakan sekitar empat persen remaja di Amerika Serikat menderita cedera dari perkelahian setiap tahunnya. Dalam studi ini, peneliti menganalisa data dari 20.000 anak sekolah yang diikuti hingga dewasa. Hasilnya banyak remaja laki-laki yang mengalami cedera dari perkelahian. Akan tetapi, dampak pengurangan IQ lebih parah dialami oleh remaja perempuan.

Bertengkar tidak akan menyelesaikan masalah, apalagi jika sampai melibatkan kontak fisik dan cedera yang cukup parah. Hanya akan menambah dan memperpanjang masalah. Sebaiknya setiap masalah diselesaikan dengan cara yang baik, ya! Karena pertengkaran tidak ada gunanya sama sekali, Sahabat.

[Oleh : Rini]
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *