Mickey Disney | Feature

Teman-teman pasti tahu, kan, siapa Walter Elias Disney? Iya, benar, dia itu orang yang sekarang lebih dikenal sebagai Walt Disney, seorang pencipta karakter Mickey Mouse yang disuarakan oleh Disney sendiri, serta karakter dari perusahaan Walt Disney lainnya.

Disney lahir di Chicago, Amerika Serikat pada 5 Desember 1901. Ia dikenal sebagai produser film, sutradara, animator, sekaligus pengisi suara. Bahkan, ia menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. Disney mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal sebagai The Walt Disney Company dan memiliki pendapatan sekitar 35 miliar dolar pertahunnya. Keberhasilannya itu tidak semata-mata diraihnya dengan mudah, Disney melewati banyak kegagalan, sebelum akhirnya bangkit dan menjadi suskes.

Walter Disney | Image

Sejak remaja, Disney suka menghadiri kursus menggambar di Kansas City Art Institute dan Chicago Art Institute. Sewaktu SMA, Disney menjadi seorang kartunis di koran sekolahnya. Akibat perang dunia pertama, keadaan dunia masih belum stabil. Makanya, karya-karya Disney banyak yang berbau kepahlawanan. Disney dikeluarkan dari sekolahnya pada usia 16 tahun. Setelah dikeluarkan dari sekolah, Disney mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Tapi, ia ditolak karena belum cukup umur. Disney juga pernah bekerja sebagai relawan supir ambulans di Perancis, sebelum akhirnya bekerja menjadi pembuat ilkan di koran, majalah, atau untuk bioskop. Tidak lama, Disney dikeluarkan dari perusahaan koran tersebut dengan alasan bahwa ia tidak cukup kreatif dan tidak memiliki imajinasi yang bagus. Akan tetapi, Disney bertemu dengan seorang kartunis bernama Ubbe Iwerks dan mulai mendirikan perusahaan mereka sendiri.

Perusahaan mereka diberi nama “Iwerks-Disney Commercial Artists” yang menyediakan jasa pembuatan iklan. Namun lagi-lagi, perusahaan mereka tidak berjalan lancar dan berumur pendek. Disney melanjutkan usahanya dengan membeli studio sendiri dan mempekerjakan banyak animator. Sayangnya, Disney tidak mampu mengurus keuangan, sehingga studionya dililit utang dan mengalami kebangkrutan lagi.

Tapi, Disney tidak pernah menyerah. Ia mendirikan lagi sebuah studio di Hollywood, California dan merupakan awal dari Disney Brother’s Studio. Bersama teman-temannya, Disney kembali bangkit dan mulai mempekerjakan karyawan-karyawan lamanya yang sempat berhenti bekerja karena kebangkrutan perusahaannya. Saat Disney diminta untuk membuat animasi yang akan didistribusikan melalui Universal Pictures, Disney mendapat kabar buruk karena Universal akan menurunkan bayarannya. Namun, apabila Disney tidak menerima kesepakatan itu, maka proyek tersebut akan dikerjakan tanpa Disney. Sekali lagi, Disney kehilangan karyawannya dan harus bekerja sendirian.

Disney Princess | Image

Setelah mengalami kegagalan lainnya, Disney merasa bahwa ia harus tetap berkreasi. Disney ingat seekor tikus yang pernah dipeliharanya saat dia bekerja di Kansas. Disney dan temannya, Ubbe Iwerks mulai mengerjakan karakter tikus yang kemudian dikenal sebagai Mickey Mouse. Iwerks mengerjakan animasinya, sedangkan Disney mengisi suara Mickey. Mickey Mouse sangat terkenal pada awal tahun 1930-an. Setelah serial Mickey Mouse, Disney terus menciptakan karakter lainnya, seperti cerita Putih Salju dan Tujuh Kurcaci, Pinokio, dan Alice di Negeri Ajaib. Sambil terus mengembangkan karakter Mickey, Donald Duck, Goofi, dan Pluto.

Pada tahun 1940-an, Disney mulai merangcang taman bermain yang sekarang dikenal sebagai Disneyland. Hingga kini, Disneyland telah dibangun di beberapa negara besar di dunia. Sejak 1960-an, semua usaha Disney mulai terbayar dan Walt Disney Company menjadi produsen utama hiburan di dunia. Disney meninggal dunia pada 15 Desember 1966, pada usia 65 tahun. Meskipun beliau sudah tidak ada, Disney telah mengispirasi banyak animator yang sampai sekarang meneruskan perjuangannya di bidang animasi.

Disneyland | Image

Pelajaran yang bisa kita ambil dari perjuangan Om Disney ini adalah, meskipun kita gagal, kita harus terus berjuang dan jangan putus asa. Karena kesuksesan akan datang pada orang-orang yang mau berusaha. Karakter animasi yang telah dihasilkan oleh Walt Disney Company sampai saat ini berjumlah ratusan, lho, Teman-teman. Salah satu karakter Disney terbaru adalah Moana. Kalau karakter Disney favorit Teman-teman, apa, nih? Ceritakan di rumahkkpk.com, yuk!


(Penyunting: Dini Ocktarina)

Bagikan :
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *