Sumber: biography.com

Islam di Amerika Serikat memang bukanlah agama yang dianut oleh mayoritas seperti di Indonesia. Tidak sedikit juga warga di sana yang memandang Islam sebagai sesuatu yang negatif apalagi setelah tragedi 11 September. Meskipun seperti itu, banyak tokoh Muslim legendaris yang berasal dari sana. Pengaruhnya bukan hanya di Amerika Serikat, bahkan sampai dunia. Di antaranya adalah:

 

  1. Malcolm X
Sumber gambar: wikipedia.org

Dikenal sangat berani dan lantang dalam membela hak kaum kulit hitam di Amerika. Dia mengubah namanya dari Malcolm Little menjadi Malcolm X saat berumur 20 tahun karena nama sebelumnya dianggap sebagai nama pemberian tuan untuk budaknya. Dia juga bergabung dengan Nation of Islam saat berusia 20 tahun. Namun beberapa tahun kemudian, dia mengungkapkan penyesalannya karena merasa kecewa terhadap ketua Nation of Islam, Elijah Muhammad. Dia juga dikenal dengan nama el-Hajj Malik el-Shabazz karena telah menyelesaikan haji dan melakukan perjalanan ke daerah Afrika Utara dan Timur Tengah. Setelah itu dia mendirikan Moeslim Mosque, Inc dan Organization of Afro-American Unity. Sampai sekarang Malcolm dikenal sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah orang Afrika-Amerika.

 

2. Muhammad Ali

Sumber gambar: biography.com

Siapa yang tidak tahu Muhammad Ali?. Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr., dia adalah salah satu petinju yang paling berpengaruh di Amerika Serikat. Berlatih tinju sejak umur 12 tahun, pada umur 18 tahun dia mendapatkan medali emas untuk kelas berat ringan di Olimpiade 1960. Empat tahun kemudian, Ali mendapatkan gelar juara WBA, WBC kelas berat. Di tahun yang sama, Classius Clay mengumumkan masuk islam dan mengubah namanya menjadi Muhammad Ali karena nama sebelumnya adalah nama budak. Dia menunjukkan contoh tentang kebanggaan ras untuk orang-orang Afrika-Amerika dan menjadi inspirasi kebebasan beragama.

 

3. Keith Ellison

Sumber gambar: cnn.com

Salah satu tokoh yang disebut-sebut menjadi pemersatu muslim di Amerika Serikat, Keith Ellison, menjadi muslim pertama yang terpilih menjadi anggota kongres  sejak 2007. Keith menyebutkan alasan dia terpilih menjadi anggota kongres dikarenakan praktik kehidupan kesehariannya. Berlatar belakang warga Minnesota, tempat Keith tinggal, diamembuat jaringan di setiap lapisan masyarakat dari orang-orang sekitar rumahnya hingga lingkar luar. Di mata dunia, Keith Ellison adalah simbol persahabatan antara AS danIslam.

 

4. Bampett Muhammad

Salah satu anggota dari pasukan Jendral George Washington. Dia ikut bertempur dengan kolonialis Inggris di garis Virginia pada 1775 sampai 1783. Meskipun tidak ditemukan potretnya, Bampett Muhammad merupakan seorang veteran Amerika yang masih dikenang sampai saat ini.

 

5. Ernest Hamwi

Ernest Hamawi adalah muslim Amerika keturunan Syria, yang pertama menemukan wafel yang dibentuk kerucut dan diisi es krim di dalamnya. Sampai sekarang cone es krim tersebut masih jadi favorit penikmat es krim.

Meskipun Muslim di Amerika tidak terlalu menonjol, namun tidak sedikit juga yang membawa perubahan. Lima orang tadi adalah bukti bahwa muslim di Amerika mempunyai pengaruh besar. Bahkan pengaruh mereka tidak hanya terbatas di Amerika, namun juga di dunia.

 

[ OLEH : LOGIKA ] 

122 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Bagikan :
Tag pada: